[PYTHON] Split string untuk setiap X karakter

Bismillah,

Kasus

Ada sebuah variabel bernama var_1. var_1 menyimpan data bertipe string.

var_1 = "saya sedang belajar untuk menjadi guru profesional"

panjang string dari var_1 adalah 50. Saya ingin membagi var_1 untuk setiap 16 karakter, dan dimasukan ke list, sehingga var_1 akan terbagi menjadi

[saya sedang bela,  jar untuk menjad, i guru profesion, al]

data tersebut dimasukan ke dalam variabel hasil.

Solusi


var_1 = "saya sedang belajar untuk menjadi guru profesional"
def split_string(string, length):
return (string[0+i:length+i] for i in range(0, len(string), length))
def buat_list(data, z):
return list(split_string(data, z))
hasil = buat_list(var_1, 16)

hasilnya bisa dilihat dengan hasil[0], hasil[1], dst.

Ini catatan pribadi agar tidak lupa.

Semoga bermanfaat

3 thoughts on “[PYTHON] Split string untuk setiap X karakter

  1. Mantap, catatan-catatan ngoprek seperti ini yang patut dicontoh oleh teman-teman yang sedang belajar pemrograman. Semoga saya bisa meniru jejak akang.

Tinggalkan komentar: