Pasang Firmware Pulpstone di Router HG553 Menggunakan Fedora

Bismillah,

Malam ini, saya mencoba otak-atik kembali router murah meriah Vodafone HG553 yang sudah berbulan-bulan saya telantarkan. Awalnya saya memakai firmware r00ter berbasis openwrt, karena saya lupa passwordnya, akhirnya saya pasang firmware kisumu v2. Kisumu ini firmware bawaan dari vodafone, saya tidak sreg karena terbiasa menggunakan openwrt, kemudian saya ganti menggunakan openwrt chaos chalmer.

Kemudian saya putuskan untuk memasang firmware pulpstone dari http://pulpstone.pw/

Kondisi saya sebelum pasang Pulpstone:

  1. ROUTER:
    • Vodafone HG553
    • Firmware OpenWrt CC
    • Konfigurasi IP default
  2. Laptop
    • Sistem operasi Fedora
    • Paket SSH dan SCP sudah terpasang
    • firmware pulpstone sudah terunduh dan tersimpan di
      /home/sumarsono/Donwloads/OPENWRT/Pulpstone-CC/

Langkah-langkah pasang Pulpstone

  1. Tancapkan kabel lan dari LAN port 1 router ke laptop.
  2. Ganti IP Address laptop fedora menjadi 192.168.1.2
  3. Buka terminal
  4. Upload firmware pulpstone dari laptop ke direktori /tmp router
    scp HG553-squashfs-cfe-PULPSTONE-v.2-openwrt-15.05.1-brcm63xx.bin root@192.168.1.1:/tmp
  5. Setelah selesai, lakukan ssh dari laptop ke router
    ssh root@192.168.1.1
  6. Masuk ke direktori /tmp
    cd /tmp
  7. Rename nama firmware tadi menjadi fw.bin
    mv HG553-squashfs-cfe-PULPSTONE-v.2-openwrt-15.05.1-brcm63xx.bin fw.bin
  8. Eksekusi perintah mtd
    mtd -e linux -r write fw.bin linux
  9. Tunggu sampai selesai, nanti otomatis reboot
  10. Setelah reboot otomatis, silakan ssh lagi ke 192.168.1.1 dan akan muncul gambar berikut ini:screenshot-from-2016-12-16-19-17-23

*Gambar lainnya menyusul menunggu kuota.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Pasang Firmware Pulpstone di Router HG553 Menggunakan Fedora

  1. Mau tanya ip defaultnya brp ya, ko sudah ikutin caranya tp tetap ga bs connect ke router 192.168.1.1, dan router sudah reboot & LED nyala semua merah, apa ada salah langkah.. maklum dah lama ga ngoprek2.. 😀

Tinggalkan komentar: