[FEDORA] [ARDUINO] Arduino IDE di Fedora 24, masalah dan solusi

Bismillah,

Fedora 24 sudah memiliki Arduino IDE di dalam repositorinya. Berikut ini detail Arduino IDE dari dnf info:

screenshot-from-2016-09-11-20-52-57

Sebagaimana terlihat dalam cuplikan layar diatas, versi Arduino IDE dalam repo fedora 24 adalah 1.6.4. Sementara itu, di laman Arduino Software (ketika tulisan ini dibuat) sudah mencapai versi 1.6.11. Oleh sebab itu saya memilih untuk menginstall Arduino IDE dari Arduino Software.

Masalah 1

Setelah terpasang, saya coba buka Arduino IDE dan membuka sample sketch blink. Kemudian saya upload ke arduino nano milik saya. Saya mengalami error sebagai berikut:

/home/sumarsono/opt/arduino-1.6.11/hardware/tools/avr/bin/avrdude: error while loading shared libraries: libncurses.so.5: cannot open shared object file: No such file or directory

Solusi 1

Fokus pada libncurses.so.5, hemat saya mungkin libncurse belum terinstall. Sehingga, saya pasang ncurses-devel pada mesin Fedora 24 saya. Saya coba lagi, error masih sama.

Oh, tunggu sebentar, lihat /home/sumarsono/opt/arduino-1.6.11/hardware/tools/avr/bin/avrdude. Arduino IDE mengakses avrdude dari direktori lokal, bukan dari /usr/bin/avrdude . Mungkin versi avrdude yang di bawa oleh 1.6.11 berbeda dengan yang ada di /usr/bin/avrdude.

Sebelumnya, saya sudah install avrdude pada fedora 24 milik saya. Cek post ini.

Bagaimana kalau saya ganti /home/sumarsono/opt/arduino-1.6.11/hardware/tools/avr/bin/avrdude dengan /usr/bin/avrdude ?

  1. cd /home/sumarsono/opt/arduino-1.6.11/hardware/tools/avr/bin

    (ini lokasi install arduino IDE di tempat saya, silakan sesuaikan dengan milik anda)

  2. mv avrdude avrdude.bak
  3. ln -s /usr/bin/avrdude ~/opt/arduino-1.6.11/hardware/tools/avr/bin/avrdude

Dan jreng-jreng, errornya sudah hilang. Tapi muncul error yang berbeda, yaitu:

Masalah 2

Masalah nomor 2 yaitu muncul pesan error:

avrdude: ser_open(): can’t open device “/dev/ttyUSB0”: Permission denied

Solusi 2

Ah, ini sederhana, hanya persoalan permission. Solusinya, bisa dengan cara membuat udev.rules untuk arduino. Bisa juga dengan cara memberikan hak khusus untuk avrdude, yakni hak jika dijalankan oleh user biasa (normal user) maka dia berjalan dengan hak akses root. Saya pilih opsi kedua:

sudo chmod u+s /usr/bin/avrdude

Perintah ini mengubah bit SUID, maksud dari chmod u+s adalah menambahkan s ke hak akses u. Dimana u adalah pemilik file (file’s owner), dalam hal ini adalah root. Sedangkan s adalah sembarang user.

Setelah itu, coba lagi Arduino IDE nya, coba upload program ke nano dan jreng-jreng lancar jaya.

screenshot-from-2016-09-11-21-28-08

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar:

