[C.H.I.P] Masalah dan solusi flashing Chip OS menggunakan Fedora 24

Bismilah,

Setelah dua minggu saya menerima C.H.I.P dan bermain-main dengan GPIOnya maka hari ini saya memutuskan untuk upgrade kernel chip ke 4.4 agar support DIP. Dari dokumentasi official CHIP, ada dua cara yang ditawarkan. Cara yang pertama yaitu menggunakan Chrome atau Chromium dengan ekstensi Chip Web Flasher. Cara yang kedua dengan menggunakan CHIP-tools melalui Ubuntu.

Saya memilih opsi yang pertama, alasannya karena mudah, cukup kunjungi laman flash.getchip.com dan alasan kedua adalah disini koneksi internet kurang memadai jadi saya harus mengunduh .chp sebesar 600++ MB agar bisa saya flash kapanpun saya mau. Opsi kedua mengaharuskan saya online selama melakukan flash.

Masalah

Setelah file terdownload, ternyata proses flashing mengalami kendala, GAGAL. Saya putuskan untuk melihat log proses flashing melalui laman setting ekstensi chromium.

Berikut ini lognya: https://gist.github.com/sumarouno/8b674e2102046c992e99126e557e18e4

Dari log tersebut, langsung saya soroti

“caught usb config errorError: Failed to open device.”

Saya simpulkan bahwa browser chromium di fedora 24 tidak dapat mengakses CHIP milik saya. Padahal, lsusb sudah mendeteksi mode FEL untuk CHIP milik saya.

Solusi

Dari dokumentasi CHIP, mereka menyarankan untuk menambah hak akses user melaui udev.rules. Setelah saya coba, masih gagal. Mungkin disebabkan oleh group plugdev yang tidak ada di fedora. Dokumentasi official CHIP menggunakan Ubuntu.

Menjelajah ke BBS CHIP, tidak dapat solusi. Maklum, CHIP adalah barang baru.

Setelah seharian memutar otak, akhirnya terbesit ide untuk memberi hak akses root pada chromium-browser fedora 24 milik saya. Saya coba

sudo chromium-browser

error, tidak mau jalan pada mode root. Lalu bagaiman cara menjalankan chromium-browser dalam mode root? Jawabannya ada di artikel saya yang berjudul [FEDORA] Menjalankan Chromium Browser dalam Mode Root

Kembali ke masalah flash chip, setelah menjalankan chromium-browser pada mode root:

  1. Silakan buka http://flash.getchip.com/
  2. Install ekstensi C.H.I.P Flasher
  3. Jalan prosedur yang ada, saya pakai metode offline.
  4. Dan jreng jreng, proses flash berjalan tanpa kendala.
    Cuplikan layar dari 2016-09-05 17-00-23

Berikut ini boot log setelah berhasil Flash ke kernel 4.4:
https://gist.github.com/sumarouno/b7c6d9a9b8b6e5265bca68cfa6bb172e

Silakan dilihat:

U-Boot SPL 2016.01-gc23364e (Jun 01 2016 – 05:57:25)

Linux chip 4.4.11-ntc #1 SMP Sat May 28 00:27:07 UTC 2016 armv7l

 

Terima kasih, semoga bermanfaat

One thought on “[C.H.I.P] Masalah dan solusi flashing Chip OS menggunakan Fedora 24

Tinggalkan komentar:

