[C.H.I.P] Akses TWI/I2C pada C.H.I.P untuk LCD 16×2

Bismillah,

Masih seputar C.H.I.P $9 Computer. Jauh hari sebelum saya punya CHIP, saya sudah punya LCD 16×2 dengan backpack i2c PCF8574T. LCD ini biasa saya gunakan untuk arduino nano dan arduino mega milik saya.

Setelah CHIP milik saya sampai ke Indonesia, dan diantar ke rumah, Saya cek pada I/O milik CHIP. Disana tertera label TWI, artinya ada fasilitas untuk akses I2C. Saya langsung cari referensi di BBS nexthing, ternyata masih minim yang bahas TWI/I2C. Maklum, barang baru, belum sepopuler temannya.

Tidak kalah akal, caya cari referensi di forum raspi, sehingga akhirnya ketemu i2c lcd driver yang ditulis menggunakan python. Wah kebetulan, saya masih mempelajari python. Selanjutnya, langsung saya pelajari dan uji coba.

Wiring

Berikut ini untuk wiringnya:

I2C

C.H.I.P

GND

GND

SDA

TWI2-SDA

SCK

TWI2-SCK

VCC

5V (Saya sarankan dari supply eksternal)

Cari alamat

Alamat adalah hal yang pokok dalam i2c, gnu/linux debian mempunyai i2c-tools. Jadi cukup jalankan sudo i2cdetect -y 2 , dimana angka 2 adalah alamat smbus. Hasil di tempat saya adalah:

0  1  2  3  4  5  6  7  8  9  a  b  c  d  e  f
00:          -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- --
10: -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- --
20: -- -- -- -- -- -- -- 27 -- -- -- -- -- -- -- --
30: -- -- -- -- -- -- -- -- UU -- -- -- -- -- -- --
40: -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- --
50: -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- --
60: -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- -- --
70: -- -- -- -- -- -- -- --

Alamat i2c saya adalah 0x27

Pasang paket python-smbus

Seperti yang saya sampaikan diawal, programnya menggunakan python. Jadi, saya butuh python-smbus untuk akses TWI. Install python-smbus:

sudo apt-get install python-smbus

Kode python

I2C_LCD_driver.py dan contoh penggunaan untuk menampilkan waktu dan IP Address

Contoh hasil:

coba i2c

One thought on “[C.H.I.P] Akses TWI/I2C pada C.H.I.P untuk LCD 16×2

Tinggalkan komentar:

